Powered By Blogger

Jumat, 05 Desember 2008

SEXCLOPEDIA, Istilah-Istilah Penting Seputar Seksualitas

Stop AIDS
Stop AIDS
Tapi nggak ada salahnya kan kita belajar dan tahu istilah-istilah penting seputar seksualitas. Mulai dari nama-nama dari organ intim, hingga segala hal yang berhubungan dengan kegiatan seks tersebut. Supaya kita nggak jadi ejekan atau lelucon antar teman.

Istilah-istilah ini juga hendaknya diketahui oleh pria maupun wanita yang sudah beranjak dewasa, supaya nggak ada yang salah kaprah.

Aborsi
Aborsi adalah pengguguran kandungan yang dilakukan wanita karena berbagai alasan. Selain karena belum menginginkan memiliki anak, cara ini juga menjadi cara yang banyak dilakukan untuk pertimbangan keselamatan sang ibu.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome)

Penyakit yang mematikan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1980. Disebabkan pertama kali oleh virus HIV (Human Immudoficiency Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Ketika pertama kali ditemukan, AIDS hanya diderita oleh kalangan homoseksual, sekarang siapa saja bisa terkena. Penyebab terbesar penularan AIDS adalah lewat hubungan seksual. Sebab lain penggunaan jarum suntik bekas (itu sebabnya pengguna obat-obatan terlarang mempunyai risiko tinggi), transfusi darah dan ibu penderita ke janinnya.

Biseksual
Ini merupakan kelainan seksual di mana seseorang bisa tertarik pada cowok tapi juga pada cewek. Istilah anak mudanya, Kanan Kiri Oke!

Cervix

Disebut juga leher rahim atau bagian bawah rahim yang digunakan untuk mengeluarkan bayi saat ibu melahirkan. Bagian ini pulalah yang rentan sekali dimasuki segala bibit penyakit termasuk penyakit kanker yang mematikan.

Erogenous Zones
Bagian tubuh yang peka terhadap rangsangan seksual. Bisa di mana saja karena setiap orang berbeda-beda kepekaannya.

Ejakulasi
Keluarnya cairan semen dari penis cowok karena rangsangan atau kenikmatan saat melakukan hubungan seksual.

Foreskin
Bagian kulit yang menutupi kepala penis (glans). Yang biasanya dipotong pada saat cowok disunat. Dalam bahasa Jawa nya disebut Kulup.

Ginekolog (Gynaecologist)
Adalah dokter dengan spesialis pada kesehatan dan fungsi-fungsi tubuh wanita, yaitu soal-soal yang menyangkut organ seksual dan reproduksi.

Homoseksual
Seseorang yang hanya tertarik (secara seksual) pada sesama jenis kelamin. Misalnya pria pada pria.

Heteroseksual
Kebalikan dari homoseksual, yaitu seseorang yang tertarik pada jenis kelamin yang berbeda alias normal.

Hymen
Disebut juga selaput dara. Yaitu selaput tipis yang terdapat dalam liang vagina. Bentuk dan ketipisannya bermacam-macam tapi selalu ada lubang untuk keluarnya darah menstruasi. Robeknya selaput dara ini umumnya terjadi karena hubungan seksual. Namun selaput dara dapat juga robek karena kecelakaan atau kegiatan olahraga yang berat. Tidak setiap selaput dara robek saat hubungan seks terjadi, ini tergantung dari elastisitas otot selaput dara yang dimiliki.

Incest
Hubungan seksual ilegal yang dilakukan oleh keluarga dekat seperti ortu pada anaknya, kakek-nenek pada cucunya atau antara kakak dan adik kandung. Hubungan seksual ini dilarang oleh agama maupun hukum karena bisa menyebabkan lahirnya bayi cacat fisik dan mental.

Kontrasepsi

Alat dan cara yang digunakan untuk mencegah pembuahan dan kehamilan. Caranya bermacam-macam dan tergantung dengan keinginan Anda. Misalnya saja, kondom.

Ginekolog, dokter kandungan
Ginekolog, dokter kandungan
Labia Mayora
Bagian terluar dari mulut vagina yang ditumbuhi bulu-bulu halus. Labio Minora banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf yang letaknya di belakang labia mayora.

Lesbian

Adalah kalangan wanita yang tertarik pada sesama wanita disebut juga female homosexual.

Masturbasi
Kegiatan menyentuh bagian tubuh dengan tujuan untuk merangsang diri sendiri. Bisa terjadi pada pria maupun wanita. Walaupun dari segi kedokteran masturbasi dinyatakan tidak menimbulkan kebutaan, kegilaan, kemandulan, atau gangguan syaraf seperti mitos yang beredar, namun dari segi psikologi kegiatan ini bisa menimbulkan perasaan tertekan dan bersalah. Dari sudut agama termasuk yang dilarang alias dosa.

Menstruasi
Haid/datang bulan yang merupakan peristiwa lepasnya lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah karena tidak adanya pembuahan. Peristiwa ini terjadi sebulan sekali selama 3-7 hari. Biasanya berlangsung antara 21-35 hari. Pada remaja biasanya sirkulasinya belum teratur.

Menarche
Haid pertama, yang biasanya terjadi pada usia 11-13 tahun. Haid ini menandakan kematangan alat reproduksi wanita sehingga bisa hamil.

Ovarium
Organ reproduksi wanita yang berfungsi mengeluarkan sel telur (ovum) sebulan sekali (ovulasi). Sel telur yang dihasilkan oleh ovarium dapat dibuahi oleh sperma. Bila tidak dibuahi sel-sel telur itu maka akan ikut keluar saat menstruasi.

Penis

Organ seks pria yang berfungsi sebagai alat hubungan seksual dan sebagai saluran untuk menyalurkan sperma dan air seni.

Progesteron
Hormon seks wanita yang dihasilkan saat wanita memasuki masa puber.

PHS
Atau yang sering disebut juga, Penyakit Hubungan Seksual. Bisa terjadi bila melakukan hubungan seks yang tidak aman. Diantara penyakit hubungan seksual ini adalah AIDS, Herpes, Gonorrhea, Spyhilis dan masih banyak lagi.

Rahim

Terletak di rongga panggul wanita. Rahim ini tempatnya tumbuh dan tinggal calon bayi (janin) waktu seorang ibu sedang mengandung.

Semen
Cairan yang dikeluarkan dari penis cowok yagn mengandung jutaan sperma.

Sperma
Sel Mikroskopik yang dihasilkan di testikel cowok, yang bisa bertemu dengan sel telur dan dapat terjadi pembuahan.

Scrotum

Berupa kantung yang berguna untuk melindungi testis (tempat diproduksinya sperma) dan mengatur suhu testis agar relatif tetap.

Testosteron

Hormon seks cowok yang dihasilkan saat seorang cowok memasuki masa puber.

Testis

Tempat diproduksinya sperma. Jumlahnya dua buah dan terdapat dalam scrotum. Sperma diproduksi setiap hari dengan bantuan testosteron.

Titik Erogenous Zone Wanita
Titik Erogenous Zone Wanita
Vagina

Organ seks wanita yang berbentuk saluran (silender) dan bersifat elastis. Dari sinilah keluarnya darah menstruasi dan bayi kalau kelak melahirkan.

Virgin
Adalah orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya alias masih perawan.

Mudah-mudahan dengan informasi istilah di atas, kita tidak sungkan lagi untuk berbicara tentang seks supaya nggak salah kaprah. (lily)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Proses Reproduksi