Powered By Blogger

Selasa, 25 November 2008

Mammografi

Mammografi adalah pemeriksaan sinar x untuk payudara. Pemeriksaan ini digunakan untuk mendeteksi dan mendiagnosis gangguan pada payudara wanita. Mammografi biasanya dilakukan jika ada keluhan berupa benjolan, nyeri, keluar cairan dari puting susu.

Walaupun demikian, wanita dengan payudaranya tidak ada keluhan dapat juga menjalani pemeriksaan ini. Tujuannya untuk mendeteksi lebih dini adanya gangguan payudara yang belum memberikan keluhan.

Mammografi tidak dapat menentukan apakah jaringan sudah berubah menjadi kanker, tetapi hanya memberikan kesimpulan bahwa suatu jaringan dicurigai telah terkena kanker. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan biopsi, yaitu pengambilan jaringan payudara dengan jarum atau melalui pembedahan, kemudian diperiksa di bawah mikroskop.

Beberapa tipe mammografi adalah :

  • Mammografi skrining. Mammografi ini dilakukan pada wanita yang tidak menunjukkan tanda-tanda kanker payudara.
  • Mammografi diagnostik. Mammografi yang digunakan untuk mendiagnosis gejala-gejala yang timbul pada payudara seperti benjolan, nyeri, penebalan puting susu, keluarnya cairan melalui puting susu, atau perubahan bentuk dan ukuran payudara.

Keadaan-keadaan yang dapat ditemukan dengan mammografi :

  • Kalsifikasi, yaitu penumpukan mineral di jaringan payudara. Ada dua macam kalsifikasi yaitu makrokalsifikasi dan mikrokalsifikasi.
  • Massa berupa kista, tumor jinak, atau kanker payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Proses Reproduksi